You are currently viewing Dosen Biologi Unas Berikan Penyuluhan Arthropoda Vektor Penyakit dan Kesehatan Lingkungan di Jakarta Timur

Dosen Biologi Unas Berikan Penyuluhan Arthropoda Vektor Penyakit dan Kesehatan Lingkungan di Jakarta Timur

Pada Sabtu, 20 Januari 2024, Lingkungan RW 004, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur menjadi saksi dari Pengabdian Masyarakat  Dosen Biologi dan Magister Biologi Universitas Nasional, yang mengedukasi tentang “Penyuluhan Arthropoda Vektor Penyakit dan Cara Pengendaliannya, serta Penyuluhan Kesehatan Lingkungan.” Acara ini dihadiri oleh Ibu Dra. Hasni Ruslan, M.Si., dan Bapak Dr. Khoe Susanto Kusumahadi, M.S., sebagai narasumber.

Dra. Hasni Ruslan, M.Si.

Dalam sesi pertama, Ibu Dra. Hasni Ruslan, M.Si. menguraikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya mencegah peran Arthropoda sebagai vektor penyakit. Dengan penuh semangat, beliau memberikan contoh Arthropoda yang sering menjadi penyebar penyakit seperti lalat, nyamuk, kecoa, dan tunggau. Faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan vektor juga dijelaskan dengan cara-cara penurutannya.

Dr. Khoe Susanto Kusumahadi, M.S.

Selanjutnya, dalam sesi kedua, Bapak Dr. Khoe Susanto Kusumahadi, M.S. membahas permasalahan timbulan sampah di kota-kota besar seperti Jakarta. Beliau menggambarkan besarnya dan meningkatnya timbulan sampah dari tahun ke tahun, jenis serta karakteristik sampah di Jakarta, serta dampak negatif terhadap kesehatan lingkungan. Alternatif pengelolaan sampah padat dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta terkait kebijakan pengelolaan sampah menjadi sorotan utama. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan kondisi air tanah saat ini, sumber pencemaran air tanah, dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, dan upaya pencegahannya.

Selain menjadi ajang pengetahuan, acara ini turut mempromosikan Prodi Biologi Universitas Nasional yang telah terakreditasi unggul, mencatat prestasi melalui alumni seperti Pak Santo yang kini menjadi dosen di prodi tersebut serta menjadi konsultan amdal (lingkungan). Fakultas Biologi pun menjadi salah satu pilihan utama bagi mereka yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi. Acara ini memberikan wawasan mendalam sekaligus menginspirasi masyarakat untuk turut berkontribusi dalam menjaga kesehatan lingkungan di sekitar mereka.

#PengabdianKepadaMasyarakat #PkM #PengabdianBiologi #Biologi #BiologiUniversitasNasional #BiologiUNAS #MagisterBiologi #UniversitasNasional #JakartaTimur #Penyuluhan #Edukasi #PenyuluhanArthropoda #VektorPenyakit #LingkunganKesehatan #KesehatanLingkungan #EdukasiBiologi #BiologiKonservasi #BiologiIndustri

Leave a Reply

twenty − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.