You are currently viewing KKL FABIONA DI TN UJUNG KULON

KKL FABIONA DI TN UJUNG KULON

Salah satu kegiatan kurikuler Fabiona, yang wajib diikuti oleh segenap mahasiswa adalah KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dengan beban 3 sks. Kegiatan KKL dilaksanakan setiap tahun bagi mahasiswa Semester 6 untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh di kelas dengan melakukan penelitian ilmiah. Setiap bidang penelitian yang dipilih mahasiswa dibimbing oleh seorang dosen yang diangkat oleh dekan atas usul mahasiswa peserta. Hasil penelitian wajib ditulis menjadi sebuah makalah yang dipresentasikan dalam seminar khusus dan dibahas / diuji oleh 2 orang dosen penguji.

KKL pada tahun 2012 berlokasi di kawasan TN Ujung Kulon dengan homebase di Paniis, Tamanjaya. Kegiatan KKL, selain untuk penelitian oleh mahasiswa, juga dimanfaatkan untuk penelitian oleh dosen. Selanjutnya dosen bersama-sama dengan mahasiswa akan melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat; baik berupa ceramah dan diskusi, pemeriksaan kesehatan, serta pelatihan budidaya jamur.

KKL juga akan mengikutsertakan guru dan siswa SMU yang berada di sekitar lokasi pelaksanaan. Guru dan siswa SMU akan diikutkan di setiap bidang, bergabung bersama mahasiswa melakukan penelitian bersama; dalam upaya berbagi keilmuan.

Leave a Reply

20 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.